Click here for Myspace Layouts

MonYet n Kera

Minggu, 01 Mei 2011

Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia ("pra-kera", seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik yang tinggal di Dunia Lama maupun Dunia Baru.


MONYET bergelantungan dengan ekornya di pohon, mereka berukuran lebih kecil.dan hidup bergerombol, serta Saling membersihkan badan (mencari kutu).


Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan makanan 


Pengelompokan monyet bersifat parafiletik, karena monyet Dunia Lama (Cercopithecoidea) sebenarnya lebih dekat kekerabatan genetiknya dengan kera (Hominidae), daripada monyet Dunia Baru (Platyrrhini).


Kera adalah anggota superfamilia Hominoidea dari ordo Primata. Dalam sistem taksonomi saat ini ada dua familia hominoid:
familia Hylobatidae terdiri dari 4 genus dan 12 spesies gibbon, termasuk Lar Gibbon dan Siamang
familia Hominidae terdiri dari orangutan, gorilla, simpanse, dan manusia
 

*Monyet dan kera berbeda, monyet dan kera sama-sama dalam ordo PRIMATA, namun mereka berbeda familia. 

Yang memiliki ekor disebut kera (monkey), sementara yang tidak berekor disebut kera (ape).

Termasuk golongan monyet diantaranya lutung, sementara yang masuk dalam golongan kera yaitu gibon, siamang, simpanse, pongo (orang utan).

Monyet juga memiliki usia hidup lebih pendek daripada kera, jika kera dapat hidup hingga usia 50 tahun, maka monyet hanya mencapai usia 25 tahun.

Oh wAw...

TernYata kita manusia juga masuk dalam familia yang sama dengan kera juga lho. Satu golongan dengan kera tapi bukan berasal dari kera lho ! :D

(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Putri-Swasti. Diberdayakan oleh Blogger.